Herman Deru Ingin Dirikan BUMD yang Khusus Membidangi Pertanian di Sumsel

Herman Deru Ingin Dirikan BUMD yang Khusus Membidangi Pertanian di Sumsel

Menurut Herman Deru, salah satu wujud nyata untuk memajukan bidang pertanian ialah dengan mendirikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang khusus membidangi masalah pertanian. BUMD itu dinamai BUMD Agro Sumsel. BUMD Agro Sumsel ini bertujuan menjaga stabilitas harga sembako dan komoditas pertanian dan perkebunan lainnya yang sangat memengaruhi hajat hidup petani Sumsel, misalnya karet, kopi, dan kelapa sawit.

”Keberadaan BUMD Agro Sumsel itu nanti diharapkan dapat ikut mengendalikan atau sebagai stabilator harga kebutuhan pokok, seperti beras, terigu, minyak goreng, dan lainnya serta harga karet dan kopi yang selama ini dikendalikan tengkulak dan pasar bebas,” imbuhnya.

Pengalamannya 10 tahun menjadi Bupati OKU Timur, bagi Deru sudah cukup memberikan pengetahuan dan pengalaman bagaimana peran pemda mengendalikan harga beras, sehingga petani tidak terus dihantui dengan harga anjlok ketika musim panen tiba. Saat memimpin OKU (Ogan Komering Ulu) Timur, setiap tahun APBD mengalokasikan sekitar Rp20 miliar untuk membeli beras langsung dari tangan petani. “Saya yakin keberadaan BUMD Agro Sumsel ini nanti akan dapat menolong petani dan masyarakat Sumsel pada umumnya.”

Deru mengatakan gagasannya untuk mendirikan BUMD Agro Sumsel ini sudah dibahas dengan sejumlah pakar pertanian, kontak tani nelayan andalan (KTNA), dan asosiasi pedagang sembako di Palembang.

Sejumlah tokoh masyarakat Muratara pun percaya program HDMY yang ingin memajukan pertanian. Pasalnya, HDMY sudah berpengalaman dan terbukti mampu memajukan pertanian di Kabupaten OKU Timur dan Ogan Ilir.

“Kami sangat percaya kepada Herman Deru karena memang dia terbukti sukses memajukan pertanian dan mensejahterakan petani di OKU Timur,” ungkap tokoh Masyarat Padang Tepong, Zakaria. (Media Indonesia)