Herman Deru Ajak Generasi Millenials Sumsel Bangun Semangat Berbisnis dan Berwirausaha

Herman Deru Ajak Generasi Millenials Sumsel Bangun Semangat Berbisnis dan Berwirausaha

Dewasa ini, generasi millennials menjadi topik yang cukup hangat dikalangan masyarakat, mulai dari segi pendidikan, moral & budaya, etika kerja, ketahanan mental dan penggunaan teknologi. Generasi millennial ini adalah anak-anak muda yang saat ini berusia antara 15-35 tahun dan punya potensi membangun wirausaha atau bisnis, karena di era millenial saat ini sudah dilengkapi teknologi yang canggih.

Dalam kesempatan bertemu dan dialog bersama generasi milenial, Calon Gubernur Sumatera selatan (Sumsel) 2018 Herman Deru, mengajak generasi muda millenial untuk membangun semangat bisnis dan kewirausahaan, “Kami ingin membenahi lapangan pekerjaan di Sumsel. Guna mewujudkannya, kami mengajak generasi muda untuk membangun semangat bisnis atau berwirausaha. Ini menjadi salah satu dari program utama kami nanti untuk penciptaan lapangan kerja,” ujar Deru disela-sela berdialog bersama muda generasi millennial, di Kantor HD Center Tanjung Api-Api Palembang seperti dilansir indopolitika, Kamis (2/11).

Selain itu Deru juga menyampaikan, pentingnya anak muda membangun semangat bisnis dan berwirausaha sebagai upaya mengurangi angka pengangguran dan mendorong generasi muda untuk kreatif dan inovatif. Selain itu, lanjut Deru, penekanan terhadap wirausaha tersebut untuk mengurangi laju urbanisasi. Masyarakat bisa membangun dan mengembangkan bisnis dan unit usaha mandiri di daerah tempat tinggal masing-masing, tanpa merantau ke luar daerah.

“Ini penting, mengingat angka pengangguran di Sumsel masih banyak. Untuk itu mulai kita galakkan semangat dan jiwa-jiwa berbisnis dan berwirausaha  mulai dari yang kecil ke menengah, dan dari menengah menjadi besar. Kedepan kami ingin merumuskan kebijakan yang berpihak pada pemberdayaan anak muda kreatif dan mandiri. Apalagi sekarang didukung teknologi yang canggih, anak muda bisa melakukan bisnis melalui online,” ungkap Deru.

Cagub yang mengusung tagline Sumsel Maju ini menambahkan, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh pemerintah. Seperti memperluas akses permodalan, membuat kebijakan dan layanan e-commerce, memberikan layanan bisnis dan iklim persaingan yang sehat dan terbuka, dan juga membantu semua jenis bisnis untuk berkembang. “Modal itu penting, jika para pelaku usaha tidak punya modal, maka pemerintah harus hadir untuk mendukung melalui kebijakan yang strategis. Memberikan pelatihan dan pembinaan secara berkelanjutan juga menjadi sangat penting, agar mereka mampu bersaing dan mengembangkan usahannya,” imbuh Deru.

Sementara itu, Ahmad Nadhif (28) salah satu generasi millennial asal Palembang yang juga peserta dialog menyampaikan, kedatangan anak muda generasi millennial ini perihal ingin berdialog dan berbagi pengalaman dengan Herman Deru soal peluang anak muda dalam mengembangkan semangat bisnis dan wirausaha, “Kami ingin berdialog dengan Herman Deru, apalagi kami tahu Pak Deru ini seorang pengusaha sukses, jadi pasti punya pengalaman soal dunia usaha,” terang Nadhif kepada awak media usai acara dialog.

Nadhif yang mewakili peserta dialog tersebut menyampaikan harapannya kepada Herman Deru sebagai Cagub Sumsel, untuk mendukung dan memperhatikan nasib anak muda. Dirinya juga mengapresiasi program Herman Deru soal penguatan wirausaha terhadap generasi anak muda, “Kami senang kalau diperhatikan seperti ini, apalagi didorong untuk kembangkan bisnis dan wirausaha dengan rencana kebijakan yang strategis. Kami pasti mendukung komitmen Herman Deru untuk mewujudkan Sumsel maju,” tutupnya.