Dukung Program Jokowi, Herman Deru Akan Jalankan Program Agraria Daerah

Dukung Program Jokowi, Herman Deru Akan Jalankan Program Agraria Daerah

Palembang – Calon gubernur Sumsel Herman Deru meminta rakyat Sumsel untuk memanfaatkan Program Nasional Agraria (Prona) yang sudah dan sedang dijalankan pemerintah. Ia menilai Prona merupakan program nasional yang sangat baik dan menunjukan kepedulian kongkrit Presiden Jokowi kepada rakyat. Herman Deru sendiri menceritakan saat dirinya menjabat Bupati OKU Timur dua periode, ia menjalankan program bantuan sertifikasi lahan rakyat. Hal demikian penting mengingat bukti kepemilikan yang lengkap akan menjadi jaminan bagi rakyat untuk tenang berusaha dan tak terancam penyerobotan lahan.

Herman Deru membahas persoalan sertifikasi lahan rakyat ini pada Hari Jum’at, 29 Desember 2017 seusai safari Jum’at di salah satu masjid di Kota Palembang. Pada kesempatan itu Herman Deru berpesan, pihak yang menjalankan program sertifikasi tanah rakyat harus benar-benar memanfaatkan hal itu untuk kepentingan membela rakyat. Jangan sampai dalam pelaksanaannya ada pungutan liar apalagi manipulasi. Deru menyatakan kasus sengketa lahan antara warga dan pihak swasta juga idealnya diselesaikan. “Kasian rakyat, sudah punyanya cuma itu, eh dicaplok. Jangan sampai begitu,” ujarnya.

Herman Deru menjelaskan persoalan sengketa lahan di Sumsel ini termasuk banyak, semua harus dibereskan. Masih ada banyak titik sengketa yang berpotensi menimbulkan konflik. Dalam catatan Deru, setidaknya sengketa lahan terjadi di beberapa kabupaten seperti Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Palembang, Banyuasin, Musi Rawas, Musi Banyuasin, Muara Enim, OKU Timur, dan Lubuk Linggau. Dalam kasus sengketa tanah untuk perkebunan, kondisinya bahkan sudah terjadi sejak 1987-an, seiring masuknya pihak swasta untuk membuka perkebunan. Deru menyatakan hal itu adalah PR bagi pemimpin di Sumsel.

Dituturkannya, penyelesaian sengketa lahan yang terjadi di Sumsel Ini akan jadi perhatian pemerintahannya. Deru juga akan memperluas cakupan program sertifikasi tanah itu. Jika dalam prona yang sekarang belum tuntas. Yang belum bersertifikat akan dibantu. Pembuatan sertifikatnya akan dibiayai pemerintah. “Jika Pak Jokowi membuat Prona atau Program Nasional Agraria, saya akan teruskan. Ini catatan bagi yang belum ya, kita dorong dengan Proda yakni Program Agraria Daerah. Intinya rakyat harus terjamin tanahnya tidak dicaplok siapapun,” pungkasnya. (ROY)

Sumber: Forumsumsel.com

Dukung Program Jokowi, Herman Deru Akan Jalankan Program Agraria Daerah